Cara Membuat Sticker Whatsapp Messenger Terbaru

Whatsapp Messenger merupakan media sosial yang paling familiar dan sudah puluhan juta atau bahkan ratusan juta pengguna OS HP baik berbasis Apple dan Android. Saya pun termasuk pengguna Whatsapp Messenger yang aktif, memang simple dan sangat friendly untuk digunakan oleh siapapun dalam semua tingkatan umur. Tapi Whatsapp Messenger memang minim fitur yang sifatnya hiburan atau jokes, sebenarnya tambahan emoji atau GIF pun sudah tersemat tapi rasanya biasa saja.
Masih kurang komplit dibanding aplikasi sejenis semacam Telegram, WeChat atau Line yang sudah menyematkan selain emoji atau GIF saja, yaitu sticker.
Sticker ini memang lebih asik saja dengan tampilan yg lebih besar ukurannya dibandingkan dan beragam jenisnya serta bisa buakan sekedar emoji tapi bisa foto juga yang dibuat sticker.

Nah, seminggu terakhir saya sering menjumpai pengguna Whatsapp Messenger sudah ada yang menggunakan sticker. Ya, jadi aneh saja sih dan bikin penasaran karena ada banyak pengguna Whatsapp Messenger yang belum bisa mengunakan sticker ini. Padahal sudah update Whatsapp Messenger dengan versi terakhir di playstore tetapi belum juga muncul tap icon sticker, hanya ada emoji dan GIF.
Saya kurang tahu sih kenapa pengguna Whatsapp Messenger sebagian ada yang bisa dan belum bisa menggunakan sticker ini. Apakah karena HP-nya alias gawainya masih jadul,kurang canggih atau kurang mahal…hehehe

IMG-20181109-WA0017

Akhirnya usut punya usut dan cari tahu ke sana sini, bertanya ke Mbah Gugel dan coba mewiridkan beberapa kalimah yang diharapkanbisa memberikan ilafat titik terang bagaimana caranya memunculkan sticker di Whatsapp Messenger.
Dan, jreng jreng…ternyata saya malahan menemukannya di chirpstory-nya Twitland saat jalan-jalan di sana. Berbekal info tersebut kemudian saya validasi ke Mbah Gugel supaya makin jelas. Soale pas tanya ke teman ada yang tidak mau ngasi tahu, ya karena tidak tahu karena tetiba ada saja saat update.
Tapi ada juga teman yang tahu tapi ogah memberi tahu karena biar penasaran saja, mau ngasi tahu asal ditraktir, tuker sama jersey, minta beliin kouta, dll yang bikin gemes jawabannya… Karena dasar itulah, dengan keinginan yang luhur dan ingin menghapuskan penjajahan di muka bumi ini.
Saya akan berbagi cara supaya Whatsapp Messenger-nya bisa muncul sticker-nya dengan gratis, tanpa imbalan dan pamrih apapun. Simak baik baik ya karena tidak menerima pertanyaan yang berkaitan dengan ini,

Ternyata ada update rilis Whatsapp Messenger ada yang tidak melalui playstore tetapi melalui web whatsapp sebagai bagian Whatsapp Messenger yang dimodifikasi.
Okay… lalu apa yang harus dilakukan:
1. Pastikan Anda sudah menggunakan Whatsapp Messenger, jika belum segera instal dulu di playstore. Jika Anda tidak mau melakukannya ya tidak bisa…wkwkwk
2. Lalu Anda silakan mengunduh Whatsapp Messenger versi terakhir yang ada tap icon sticker melaluli web nya. sila klik link www.whatsapp.com/android [ ini link aman kok, bukan direct link yang gag jelas…]

IMG-20181109-WA0016

3. Setelah berada di web-nya silakan klik Unduh/ Download untuk mendapatkan file whatsapp.apk
Jika ada muncul bacaan apk tidak dikenal atau terpercaya, klik lanjut saja.
4. Ketika sudah selesai, lalu klik file tersebut untuk di-instal di gawai Anda.

Tapi sebelumnya Anda harus perhatikan ini dulu, sebenarnya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk instal whatsapp.apk tersebut:
– Cara ke 1: uninstall atau menghapus whatsapp yang sudah ada sebelumnya untuk digantikan dengan file whatsapp.apk ini. Tetapi ada resiko Anda akan memulai dari awal pendaftaran Whatsapp Messenger ini tentunya dengan nomer telepon sebelumnya. resiko lainnya data chat yang ada sebelumnya akan hilang, tetapi tidak menghapus nomer kontak Whatsapp Messenger yang ada selama itu sudah di-save di kontak gawai. Jadi pastikan tidak ada chat penting atau nomer kontak hp yang belum di-save.
– Cara ke 2: melakukan instal whatsapp.apk tanpa harus menghapus/uninstal Whatsapp Messenger sebelumnya. Jadi langsung saja instal, ikuti perintahnya dan tunggu beberapa saat sampai proses instal selesai. Ini ternyata berhasil dan tidak terjadi apa-apa, hanya update biasa saja.

Saya memilih cara yang ke 2, karena sebelumnya saya telah mencoba kedua cara tersebut dengan gawai yang berbeda. Ini merupakan percobaan saya saja karena diinformasi yang ada di Twitland disarankan cara ke 1 tersebut dengan ada resikonya.
Ketika saya melakukan percobaan yang cara ke 2 ternyata bisa dan Whatsapp Messenger tidak konflik/ crash. Ya..akhirnya bisa disimpulkan cara yang ke 2 lebih simple.

5.Setelah selesai silakan buka Whatsapp Messenger-nya kemudian buka percakapan/ chat pribadi atau grup, kemudian tap logo emoji, nanti di bawah kotak dialognya akan muncul berdampingan logo emoji, GIF dan Sticker.
Untuk menambahkan sticker Anda bisa klik “+” di samping kanan atas, silakan unduh yang sudah ada atau melalui penyedia aplikasi sticker lain di playstore, dengan instal dulu tentunya.

IMG-20181109-WA0018

Baiklah, mungkin itu tutorial cara membuat sticker Whatsapp Messenger supaya muncul di gawai Anda. Semoga Bermanfaat….
Kapan-kapan akan menulis di blog ini lagi, bagaimana cara membuat sticker dari poto sendiri atau orang lain. tapi entah kapan….

disclaimer: tulisan diatas merupakan tulisan bebas dan tidak terindikasi apapun, serta tidak bertanggungjawab atas akibat lain setelahnya dan penulis dibebaskan dari segala tuntutan di muka hukum. Kerenkan…hehehe

Tinggalkan komentar