KWT Sri Mandiri Produksi Gemblong Ubi Jalar Oleh-Oleh Khas Kuningan

Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke tetangga desa, niatnya kunjungan biasa karena pekerjaan saja. Selesai dandan rapi, ambil helm dan tas ransel yang selalu setia nempel di punggung saat bekerja. Saya pacu motor Honda Revo 2010 dengan pelan, sekira 10 menit sudah sampai. Setelah bertanya ke perangkat desa di balai desa, saya diberi tahu alamat sekretariat Gabungan Kelompok (Gapoktan) Tani Mekar Jaya yang ternyata bergabung dengan Rumah Inti Ketua Gapoktan tapi terpisah di ruangan lain.

“Perkenalkan saya Yadi, penyelia program”. Ibu Hanayah mempersilakan duduk dan langsung terlibat obrolan serius tapi santai mengenai perkembangan program yang berjalan di Gapoktannya. Beliau Ketua Gapoktan dan saya pernah bertemu sekali di Badan Penyuluh Pertanian Peternakan Perikanan dan Kehutanan (BP4K) saat ada Rakor Pengembangan Usaha Agribisnis Pertenian (PUAP) yang terkait dengan Gapoktannya sebagai salah satu penerima bantuan Progam PUAP.

Di sela obrolan, terdengar di ruang belakang gaduh suara Ibu-Ibu dan sesekali terdengar suara mesin, ternyata di belakang rumah inti ini ada bangunan terpisah yang digunakan sebagai tempat produksi makanan ringan. Dan ibu-ibu itu yang mengerjakannya, mereka tergabung di Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Mandiri yang merupakan bagian dari Gapoktan Mekar Jaya. Gapoktan ini mewadahi4 kelompok tani yang ada di desa tersebut, salah satunya KWT ini. Demikian Bu Hanayah menjelaskan kepada saya….

“Assalamualaikum…” “Wa’alaikum salam…” Ada anak perempuan berjilbab di depan pintu, rupanya anak Bu Hana baru pulang sekolah. Kelas 3 sekolah menengah dan ingin melanjutkan ke pondok pesantren modern yang ada di desa tetangga. Sepanjang saya mengobrol di ruangan lain terdengar suara murrotal Al Quran yang dibacakan anaknya dengan merdu, katanya Bu Hana itu sebagai salah syarat masuk ke ponpes harus hapal Al Quran. saya pun mengetahui memang ponpes tersebut banyak peminat dengan siswa yang ada saja berasal dari beberapa provinsi di Indonesia, malah ada siswa dari negara tetangga, semisal Malaysia.

KWT Sri Mandiri mengolah produk olahan dengan bahan baku dasar dari hasil pertanian yaitu Ubi Jalar, di daerah saya di sebut “Boled”. Kuningan merupakan sentra besar penghasil Ubi Jalar di skala nasional, terutama di Kuningan Utara. Ini terbukti dengan melimpahnya Ubi Jalar di saat panen raya di musim kemarau yang merupakan musim tanam setelah padi. KWT ini mengolah Ubi Jalar yang dicampur bahan lainnya menjadi “Gemblong” yang merupakan makanan tradisional khas yang menyerupai keripik dibentuk bulat, pipih seukuran uang logam seribu rupiah.

gemblong tiga rasa hana gemblong ubi Balado 250g & 500g gemblong ubi sayur 250g & 500g gemblong ubi ungu 250g & 500g

Di atas merupakan produk makanan olahan Ubi Jalar yang dibuat Gemblong atau Keripik dengan berbagai varian rasa manis, renyah dan gurih. Gemblong Ubi Ungu, Gemblong Rasa Coklat, Gemblong Rasa Sayur, Gemblong Rasa Udang dan Gemblong Rasa Balado. Kemasan yang tersedia dari plastik dan toples plastik dalam ukuran 200 gram dan 500 gram. Produk KWT Sri Mandiri sudah mempunyai izin Din Kes P-IRT dan Halal dari LPOM MUI Jawa Barat.

Saya berjanji kepada Bu Hanayah untuk ikut mempromosikan dan memasarkan produk ini secara online dengan media sosial yang ada. Produk Gemblong Ubi Jalar ini harganya terjangkau bisa dipesan beli secara online dan bisa dikirim ke seluruh Indonesia dengan memakai jasa pengiriman POS Indonesia, JNE, Tiki dan sejenisnya. Untuk pesan beli bisa menghubungi 085 863 863 762 (Hanya SMS/ harap maklum jika responnya telat) atau dengan memberikan komentar di blog ini dan atau bisa berkunjung ke Tokopedia Hanasnack

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s