Ringkasan pemikiran Ahmad Wahib (tulisan yang belum selesai….)

Rencananya hendak meringkas buku kecil hijau sudah lusuh dengan kertas coklat dengn pinggiran sobek dimakan usia, terbitan tahun 80an, dipinjami teman namun buku tersebut sepertinya sudah diwariskan kepadaku,

Terang, dia meninggal dalam usia setengah matang, jika masih hidup saat ini sangat mungkin Ahmad Wahib ini akan matang dan sejajar dengan kawan-kawannya seperti Djohan Effendi, dll. Tak apalah, pemikirannya pun matang….

“Ahmad Wahib (AW) dalam perjalanan hidupnya bergelut dengan pemikiran yang merupakan gundah, resah dan gulananya terhadap permasalahan-permasalahan yang sungguh kritis menyentuh aspek bidang keagamaan, nasionalisme dan politik bangsa pada saat itu. Walaupun pemikirannya sudah berusia 30an tahun tapi masih up to date untuk permasalahan bangsa saat ini misalnya Pluralisme.

Dalam wacana pemikiran AW mengenai pluralisme merupakan kehendak dari gerak laju pemikiran manusia itu sendiri terhadap potensi terbukanya tafsir secara benar terhadap sebuah keyakinan dan kepercayaannya karena Tuhan tidak menutup ini. AW dalam pemikirannya mengenai Islam adalah Islam cocok dengan segala zaman hanya masih merupakan sebuah keinginan belum merupakan suatu rumusan ilmiah. Kita belum bisa membedakan antara keinginan dan rumus keilmuan oleh karena itu Islam masih diinterpretasikan menurut keinginan tidak menurut keilmuan. ……”

Rasanya belum akan sanggup untuk melanjutkan ringkasannya. Tidak sengaja menemukan file tertanggal 13-12-2008, dan diatas itu kutipannya yang belum akan aku selesaikan,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s