PROGRAM ASKES LEMBUR

PENDAHULUAN

Kesehatan diri dan lingkungan merupakan satu kesatuan yang integral. Kedua kondisi tersebut saling terkait sehingga jika salah satu mengalami perubahan, maka yang lainnya juga mengalami perubahan. Oleh karena itulah, jika kita ingin menggarap aspek ini, maka harus kita garap secara seimbang dan setara.

Kesehatan tidak hanya merupakan hak warga tetapi juga merupakan barang investasi yang menentukan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi negara. Karena itu negara berkepentingan agar seluruh warganya sehat (“Health for All”), sehingga ada kebutuhan untuk melembagakan pelayanan kesehatan semesta. Ada dua isu mendasar untuk mewujudkan tujuan pelayanan kesehatan dengan cakupan semesta, yaitu bagaimana cara membiayai pelayanan kesehatan untuk semua warga, dan bagaimana mengalokasikan dana kesehatan untuk menyediakan pelayanan kesehatan dengan efektif, efisien, dan adil.

grafik

Untuk itulah, maka kita harus membuat program kebersamaan dalam kegiatan nyata. Program ini harus dapat membangunkan masyarakat dari tidur panjangnya sehingga telah kehilangan rasa peduli terhadap lingkungannya. Kita memang harus melibatkan secara langsung peranan masyarakat terhadap kegiatan pelayanan kesehatan ini.

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai masyarakat yang sehat, meskipun disadari bahwa peran lingkungan dan faktor perilaku merupakan determinan yang lebih besar pengaruhnya pada kesehatan. Secara umum pelayanan kesehatan terdiri dari empat upaya yaitu pencegahan, peningkatan kesehatan, pengobatan dan pemulihan kesehatan. Dalam kaitannya dengan peningkatan dan kemajuan masyarakat. Pelayanan kesehatan ditujukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami atau dihadapi masyarakat agar dapat terhindar dari kematian dini, kecacatan, bahkan rendahnya taraf kebugaran sehingga terjaga produktivitas penduduk.

be-healthy

TUJUAN KEGIATAN

1. Memberdayakan masyarakat yang berbasis di komunitas RW/ Dusun, mengatasi masalah yang ada dengan melaksanakan kegiatan yang dikelola secara bersama, demokratis, transparan dan akuntabel.
2. Proses kegiatan yang diselenggarakan untuk masyarakat didasarkan pada prosedur dan langkah-langkah yang sederhana, mudah dipahami dalam hal ketentuan dan aturan baik secara administratif maupun teknis.
3. Tercapainya suatu pelayanan kesehatan dan lingkungan yang sehat bagi masyarakat yang ada di sekitar

Sasaran Program

Masyarakat yang bermukim di RW-RW atau Dusun

Jenis Kegiatan

1. Program tersebut antara lain, ‘Seliber’ (seliter beras), yaitu pengumpulan beras bagi para warga dengan cara mengumpulkan 2 sendok beras setiap harinya, pagi dan sore. Hingga tiap bulannya diperoleh 60 sendok beras , yang setara dengan seliter beras. Beras ini nantinya dijual dan uangnya disimpan sebagai biaya untuk pelayanan kesehatan warga, dan atau
2. Program Lima Ribu Kasih, untuk mengumpulkan uang sejumlah Rp 5.000 setiap bulannya.

Struktur Kegiatan

1. Koordinator Kegiatan
Adalah warga setempat yang bertugas sebagai Penanggung Jawab kegiatan, misal memastikan semua kegiatan berjalan, sosialisasi dengan warga yang menjadi target sasaran, dll
2. Sekretaris
Adalah warga setempat yang bertugas melakukan kegiatan administratif, misal penjadwalan dan pencatatan segala kegiatan dan inventarisasi masalah, dll
3. Bendahara
Adalah warga setempat yang bertugas melakukan kegiatan keuangan, misal membuat pembukuan kas, dll
4. Kolektor
Adalah warga setempat yang bertugas melakukan kegiatan pemungutan iuran warga.
5. Warga
Adalah warga setempat yang ikut serta dalam program ini/ peserta askes lembur.

Sumber Dana
1. Dana rutin: Iuran Warga
2. Sumber dana tidak terduga: infak, shadaqah, zakat dan hibah
3. Sumber dana tidak mengikat: bantuan program lembaga kemanusian dan sosial, CSR, dan donatur

Demikian rancangan kerangka program ini dibuat, untuk lebih disempurnakan bersama dan bisa dilaksanakan. Semoga Allah SWT meridhai segala niat baik ini yang dilandasi ibadah dan kepedulian terhadap lingkungan dan sesama…Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s